Senin, 22 April 2013

Tips Memilih Rangka Atap Bangunan Rumah Anda

RANGKA ATAP KAYU

Bila dalam waktu dekat ini hendak merenovasi atap rumah, sebaiknya Anda mulai menghitung besarnya anggaran sejak akan dikeluarkan dari awal. Memikirkan anggaran, berarti juga cermat memilih material yang hendak dipakai agar kuat selama bertahun-tahun.



Rangka atap kebanyakan dipilih dari kayu, dan ingin diganti kayu lagi. Memang, tidak ada yang salah, namun Anda perlu mencermati rata-rata rangka atap dari kayu memiliki usia sekitar 10 tahun. Jika kayu mendapat perawatan antirayap dan perubahan cuaca, masa 10 tahun tersebut bahkan bisa lebih pendek.
Bagaimana dengan tren yang tengah berkembang saat ini? Perlukah mengganti rangka atap kayu dengan baja ringan?
Tentu saja, mengganti rangka atap kayu dengan baja ringan sangat ideal. Namun, sebelum Anda bimbang karena alasan mahalnya biaya, Anda bisa mencermati perhitungan berikut ini.
Sebutlah misalnya, Anda ingin mengganti rangka atap kayu berbentuk pelana pada denah berukuran 4 meter x 8 meter. Di sana ada tiga kuda-kuda kayu yang diletakkan pada jarak 4 meteran, dua di tepi dan satu di tengah.
Untuk pembuatan tiga kuda-kuda itu paling tidak dibutuhkan 1 meter kubik kayu balok 8/12, dengan harga per meter kubiknya Rp 3 juta. Anda juga membutuhkan kayu kaso 4/6 dan reng 3/4 dengan total harga sekitar Rp 2 juta. Plus, jasa tukang selama satu minggu dengan biaya sekitar Rp 1,5 juta. Maka, total pengeluaran Anda sebesar Rp 6,5 juta.

Disini saya juga akan mencoba menjabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam memilih rangka atap dari kayu.

 KEUNGGULAN ATAP KAYU

1. Bahan baku material kayu mudah diperoleh di pasaran.
2. Untuk pemasangan bisa di pasang oleh tenaga tukang yang umum.
3. Bisa bebas memilih varian harga tergantung jenis material kayu apa yang akan dipergunakan.
4. kekuatan bisa diandalkan tergantung pula jenis material kayu yang dipergunakan.
5. Bisa bertahan sampai 15 tahun atau bahkan lebih tergantung jenis material kayu.

KEKURANGAN ATAP KAYU


 1. Pemasangan rangka atap kayu memerlukan waktu yang relatif sedang. 
 2. Biaya relatif mahal dikarenakan harga bahan baku material kayu yang semakin hari semakin sulit didapatkan, menjadikannya harga yang terus naik.
 3. Tidak efektif dipergunakan pada bentangan besar.
 4. Tidak tahan terhadap rayap ataupun kumbang.
 5. Beban bangunan relatif berat karena menopang beban kayu yang sudah cukup berat ditambah beban atap.
 6. Perlu perawatan dalam jangka waktu tertentu.
 7. Tidak ramah lingkungan karena akan menambah jumlah penebangan hutan.

     






  RANGKA ATAP BAJA RINGAN

 Sebagai perbandingan dalam memilih rangka atap rumah anda, disini saya juga akan mencoba menjabarkan  rangka atap dari baja ringan.


      Terdapat banyak pilihan serta jenis material konstruksi atap rumah. Salah satunya adalah, baja ringan. Material ini sekarang mulai banyak peminatnya karena harganya yang realtif lebih murah, ringan, dan tahan lama. Nah permasalahannya, di pasar bahan bangunan, terdapat banyak jenis bahannya, harga dan merk bahan untuk rangka atap baja ringan ini. Anda pastinya akan bingung memilih dan tidak mau salah memilih jenis apa yang cocok untuk rumah anda.

Sebelum anda membeli rangka atap baja ringan ini, anda perlu lebih teliti. Teliti untuk mengenali material dan sistem rangka atap baja ringan secara men-detail, bukan hanya mengikuti tawaran dari kontraktor atau supplier. Untuk mengetaui rangka atap baja ringan maka kita harusnya mengerti dahulu bahwa produk ini ialah produk struktur yang menopang beban sebuah atap, angin, dan juga akan melindugi penghuninya.



1       Panduan Membeli Atap Baja Ringan

4 komponen utama dalam rangka atap baja ringan yang harus diketahui:
Kekuatan Bahan atap baja ringan: memiliki beragam kekuatan. Untuk saat ini yang terbaik adalah baja ringan yang memiliki spesifikasi G550 atau tegangan leleh 550 Mpa. Bahan ini berbeda dengan besi baja konvesional, yang memiliki tegangan leleh 300 Mpa (G300). Tapi karena sifat dasar baja ialah berkarat, maka baja ini pun harus diberi proteksi coating terhadap karat. Ada dua jenis proteksi; pelapis yang tebuat dari seng atau galvaniz, dan zinkalum yang terbuat dari campuran aluminium, seng  serta silicon.
Desain serta perhitungan struktur: Ada beberapa tipe rangka atap baja ringan. Produsen ternama banyak yang menggunakan software khusus untuk membuat desain rangka atap tersebut dan menghitung tingkat kekuatannya terhadap sebuah beban. Beberapa ada produsen yang tidak menggunakan software tersebut. Software ini diyakini dapat menghitung tingkat kekuatan rangka secara men-detail. Bahkan dalam software tersebut juga dapat disimulasikan beban rangka atap kelak jika sudah terpasang. Oleh software ini nantinya dihasilkan gambar kerja detail yang menunjukkan dimensi rangka, type dan jenis sambungan serta jumlah sekrup/baut untuk setiap sambungannya.

Berbagai Keuntungan Dapat Anda Peroleh Dari Atap Baja Ringan
Teknk Pemasangan serta perakitannya atap baja ringan Yang perlu anda pastikan adalah bahwa pemasangnya janganlah dipercayakan kepada sembarang tukang. Pastikan bahwa pemasang rangka atap baja ini telah memiliki sertifikasi layak pasang. Dengan demikian Anda mendapat jaminan bahwa desain dan system akan bekerja dengan benar.
Pengawasan yang berkala: dari supervisor yang telah ditunjuk oleh produsen maupun dari pemilik merk rangka atap baja ringan tersebut.
Yang tidak kalah penting adalah agar Anda meminta surat garansi produk dan pemasangan baik dari penjual atap baja ringan maupun pemasang atap baja ringan itu sendiri.




Disini saya juga akan mencoba menjabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam memilih rangka atap dari Baja Ringan.


 KEUNGGULAN ATAP BAJA RINGAN

1. Biasanya tersedia matrial include dengan pemasangan jadi biaya terpasang relatif sangat murah.
2. Beban bangunan relatif sangat ringan.
3. Anti rayap dan pengerat yang lain.
4. Pemasangan relatif sangat cepat.
5. Tingkat keamanan terjamin dikarenakan adanya proses perhitungan beban dengan software khusus sebelum pengerjaan/fabrication.
6. Mampu terpasang pada bentangan sampai 20m.
7. Tidak perlu perawatan dikarenakan Material baja ringan sudah anti karat.
8. Kemerataan kualitas.
9. Pada aplikator khusus pemasangan baja ringan mencantumkan juga sertifikat garansi hingga 15 tahun.


 KEKURANGAN  ATAP BAJA RINGAN

1. Hampir jarang ditemukan kekurangan rangka atap baja ringan jika kita benar benar dalam memilih aplikator pemasangan rangka atap baja ringan. 
2. Jarak Kuda kuda baja ringan yang sangat rapat,memungkinkan ruang atap tidak bisa dipergunakan sebagai ruang dan sebagainya.


Sekedar berbagi info buat semua, semoga bermanfaat. Jika berminat memilih aplikator rangka atap baja ringan silahkan hubungi KARYA TRUSSINDO ( CV. KARYA BUANA SATRITAMA ) 

Andrie ( 081 390 208 240 / 085 640 522 362 ) Jateng/DIY.